Cara Amankan Data di HP Supaya Tidak Dihack Atau Bocor

Sunset Di Wediombo - Banyak orang menjadikan HP sebagai pribadi kedua dirinya sendiri. Berbagai macam informasi bahkan tersimpan di sana. Oleh karena itu kalau HP sudah mengalami kebocoran data, akibatnya juga tidak main – main. Lalu, adakah cara amankan data di HP supaya kebocoran data dapat diminimalisir atau bahkan tidak terjadi? 


Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda informasi tentang bagaimana cara yang tepat dilakukan mengamankan data di HP supaya tidak ada kebocoran dan meminimalisir potensi data dihack. Berikut informasi lengkapnya!

Cara Amankan Data di HP Supaya Tidak Bocor Atau Dihack

Sering – seringlah update software

Salah satu cara amankan data di HP yang paling baik dan tepat adalah melakukan pembaruan OS atau update software. Hal tersebut penting untuk mencegah terjadinya bug karena biasanya bug pada suatu sistem operasi menjadi celah yang dimanfaatkan peretas untuk meretas HP korban. 

Jangan menyebarkan informasi password atau kata sandi kepada orang lain

Simpan password atau kata sandi sosial media hanya untuk diri sendiri. Jangan sampai ada orang lain yang tahu tentang password atau kata sandi sosial media tersebut. 

Kata sandi sosial media sama pentingnya dengan PIN ATM yang kalau orang lain tahu bisa disalahgunakan. 

Hindari menyimpan password melalui browser

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang suka login ke sosial media via browser dan menemukan pilihan untuk menyimpan username dan password, jangan diiyakan. Jangan Anda klik izinkan menyimpan username dan password. Utamanya kalau Anda menggunakan perangkat umum atau bukan perangkat pribadi. 

Bahkan menggunakan perangkat pribadi sekalipun, menyimpan password melalui browser tidak dianjurkan karena hacker bisa saja menyusup ke browser dan kemudian mengetahui password serta username sosial media Anda sehingga memudahkan mereka meretas data dan akun sosial media Anda. 

Daripada menyimpan password di Browser, akan lebih aman jika Anda menyimpan di notepad atau aplikasi pengolah kata lainnya. 

Buat kata sandi atau password yang kuat dan ganti secara rutin

Menjaga kerahasiaan dari kata sandi saja tidak cukup. Orang – orang tak bertanggung jawab dapat mencoba meretas dan mencari tahu kata sandi yang Anda sudah buat apalagi kalau kata sandi tersebut dapat ditebak dengan mudah.

Karenanya, buat kombinasi kata sandi yang kuat. Biasanya kata sandi yang kuat terdiri atas kombinasi alfabet, numerik dan juga tanda baca. Hindari juga menggunakan data pribadi dalam membuat kombinasi kata sandi. Jika memang diperlukan, lakukan penggantian kata sandi secara berkala.

Manfaatkan fitur verifikasi dua langkah

Guna memberikan keamanan tambahan bagi pengguna, media sosial umumnya menyediakan fitur verifikasi dua langkah. Dengan adanya fitur ini, risiko kejahatan cyber yang dilakukan hacker dapat lebih diminimalisir. Karena itu manfaatkan fitur ini untuk menjaga sosial media Anda.

Manfaatkan fitur keamanan bawaan

Sebuah smartphone yang dihadirkan sebagai pembantu atau asisten manusia seringkali hadir dengan fitur keamanan bawaan. Nah, Anda bisa memanfaatkannya.

Beberapa fitur keamanan bawaan yang terdapat pada smartphone biasanya terdiri dari kata sandi atau password, pola, face iD, fingerprint sensor dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur tersebut untuk mengamankan perangkat Anda sehingga tidak semua orang bisa mengotak – atik perangkat secara bebas.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara amankan data di HP supaya tidak dihack atau bocor. Lakukan tips di atas dan gunakan sosial media serta smartphone Anda secara bijak. 


Comments

Popular posts from this blog

Cara Cek BLT BBM – Cara dan Syarat Dapat Bantuan

Cara Mengatasi iPhone Bermasalah 100% Work