Cara Hemat Baterai iPhone Series yang Perlu Dipahami

Sunset Di Wediombo- Banyak pengguna iPhone mengeluhkan baterainya boros. Namun benarkah perangkat iPhone memang boros baterai? Sebenarnya ada cara hemat baterai iPhone yang bisa dicoba. 

Baterai boros sendiri juga ada banyak penyebabnya. Mulai dari pengaturan kecerahan layar yang terlalu terang, aktifnya aplikasi latar belakang yang membuat perangkat harus bekerja ekstra bahkan ketika tidak digunakan, berada di lokasi yang signalnya jelek, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.


Namun sebagaimana yang kami sebutkan sebelumnya bahwa baterai iPhone bisa dihemat dengan beberapa cara. Seperti apa caranya? 

Cara Hemat Baterai iPhone Series 

Atur tingkat kecerahan layar iPhone

Dibandingkan layar redup, layar yang terlalu terang sangat berpotensi menyebabkan baterai habis lebih cepat. Karena itu, mengatur tingkat kecerahan layar pada iPhone dapat menjadi salah satu cara hemat baterai iPhone series yang paling jitu dilakukan. 

Untuk mengatur tingkat kecerahan layar, caranya cukup mudah. Anda bisa mengatur di Control Center atau Anda bisa menonaktifkan auto brightness karena fitur ini dapat meningkatkan kecerahan layar secara otomatis ketika perangkat digunakan di bawah cahaya matahari.

Ubah mode terang ke mode gelap atau dark mode

Pada perangkat iPhone yang dibekali layar OLED display, Anda bisa ubah mode terang ke dark mode. Cara mengubah ke dark mode cukup mudah yaitu :

Masuk pada menu pengaturan atau setting

Klik display & brightness 

Pilih Dark

Manfaatkan low power mode

Fitur yang satu ini bekerja sangat baik dalam hal menghemat baterai. Ketika low power mode diaktifkan, sejumlah fitur iPhone dinonaktifkan untuk menghemat baterai. 

Download otomatis, backup iCloud, email otomatis, fitur pemanggil Siri, ‘Hey, Siri!’ semuanya dinonaktifkan. 

iPhone juga akan menanyakan kepada pengguna agar bisa berpindah ke low power mode ketika baterai menyentuh angka 20% atau 10%. Namun jika belum berada di kondisi tersebut dan ingin low power mode diaktifkan, maka pengguna harus mengatur manual low power mode agar aktif dengan cara :

Masuk pada menu Setting

Pilih Battery 

Pilih Low Power Mode

Matikan push dan fetch email

Jika banyak email tertaut di iPhone dan email – email tersebut Anda terima setiap harinya, email tersebut mungkin akan sangat menguras baterai iPhone. Karenanya pastikan sinkronisasi push pada perangkat Anda nonaktifkan. 

Sinkronisasi push merupakan suatu fitur yang hadir untuk memperbarui perangkat dengan email baru yang masuk. Sebagai gantinya, Anda bisa meningkatkan interval fetch atau pengambilan email sehingga perangkat hanya akan memeriksa email baru di jadwal yang sudah Anda tetapkan. 

Untuk mematikan push dan fetch email, caranya sebagai berikut :

Buka menu Setting

Pilih Mail

Pilih Account

Pilih Fetch New Data 

Atur secara manual.

Atur auto lock pada perangkat

Apa yang dimaksud dengan auto lock? Auto lock merupakan suatu fitur yang berguna mengunci layar iPhone ketika pengguna tidak memakainya selama beberapa kurun waktu. Untuk mengatur auto lock pada perangkat, pengguna dapat memilih 30 detik sampai dengan 5 menit sebelum fitur diaktivasi. 

Pilihan terbaik dalam mengatur auto locknya adalah mengatur waktu tersingkat jika memang Anda ingin menjaga baterai agar bisa bertahan lebih lama. Cara mengatur auto lock pada perangkat sebagai berikut : 

Masuk pada menu Setting

Pilih Display & Brightness 

Pilih Auto Lock

Pilih periode waktu sebelum layar Anda ubah menjadi gelap

Kurangi notifikasi perangkat

Ketika notifikasi diterima oleh perangkat iPhone, layar akan menyala dan mengonsumsi baterai. Dengan mengatur hal ini, Anda bisa menghindari terjadinya pengurangan baterai pada perangkat secara signifikan. 

Coba putuskan notifikasi mana yang tidak penting dan kemudian matikan. Untuk memutuskan notifikasi atau menonaktifkan notifikasi pada perangkat iPhone, caranya sebagai berikut :

Buka setting aplikasi

Masuk pada notifikasi

Pilih aplikasi dari daftar 

Nonaktifkan pada perintah izinkan pemberitahuan

Namun cara di atas perlu dilakukan satu per satu pada aplikasi yang notifikasinya ingin dinonaktifkan. Jika Anda merasa hal tersebut terlalu lama, Anda bisa aktifkan saja perintah ‘Do Not Disturb’ pada iPhone. Hanya saja semua aplikasi menjadi tidak aktif dengan perintah Do Not Disturb ini. 

Hindarkan iPhone dari paparan suhu lingkungan yang ekstrim

iPhone akan bekerja lebih keras ketika berada di suhu lingkungan ekstrim yaitu terlalu panas atau terlalu dingin. Karena bekerja lebih keras, akibatnya baterai pun akan cepat habis. 

Jadi pastikan iPhone tidak berada di lingkungan ekstrim. Pastikan iPhone berada di lingkungan yang suhunya berada di rentang 16 derajad celcius sampai dengan 22 derajad celcius. Di laman resmi Apple, juga diterangkan bahwa iPhone harus dihindarkan berada di lingkungan dengan suhu 32 derajad celcius atau dibawah 0 derajad celcius. 

Aktifkan mode pesawat di area dengan jaringan lemah

Setiap ponsel akan bekerja untuk menangkap signal agar perangkat bisa digunakan berkomunikasi, menonton tayangan streaming atau lainnya. Karena itu jika Anda berada di lokasi yang jaringannya lemah, baiknya aktifkan mode pesawat agar perangkat tidak bekerja ekstra dan membuat konsumsi baterainya terkuras.

Nonaktifkan layanan lokasi

Tak hanya jaringan, ponsel juga akan mengonsumsi baterai ketika layanan lokasinya dinonaktifkan. Untuk mematikan fitur tersebut, cara yang bisa dilakukan sebagai berikut :

Buka Setting pada iPhone

Ketuk ‘Privasi’ dan nonaktifkan layanan lokasi pada perangkat

Selesai

Itulah beberapa tips dan cara hemat baterai iPhone series yang bisa dicoba. Lakukan cara di atas untuk membuat iPhone lebih hemat baterai dan dapat menemani aktivitas harian Anda dalam kurun waktu yang lebih panjang. 


Comments

Popular posts from this blog

Cara Cek BLT BBM – Cara dan Syarat Dapat Bantuan

Cara Mengatasi iPhone Bermasalah 100% Work

Cara Amankan Data di HP Supaya Tidak Dihack Atau Bocor